03 December 2008

JULES VERNE "Truk Antariksa Eropa"

Berbagai Manuver


Setelah peluncuarn ATV Jules Verne menjalani berbagai uji coba dan manuver, dan di tempatkan di orbit bumi pada ketuinggian yang lebih rendah daripada ISS. Pemantauan dan pengendalian di lakukan dari pusat kendali ATV di Toulouse, Prancis. Pusat penendali mengendalikan penerbangan selam misi berlangsung. Tentunya dengan berkoordinasi dengan pusat kendali ISS di Moscow dan Houston.

Setelah menjalani uji manuver saat terbang bebas, ATV akan menjalani uji coba lain untuk persiapan docking dengan ISS. Di jadwalkan ATV akan deocking dengan ISS pada 3 April, setelah pesawat ulang-alink Endaover meninggalkan ISS.

Paling Canggih


ATV Jules Verne merupakan wahana antariksa paling beasr dan paling canggih yang pernah di buat Eroapa. Ia memadukan fungsi-fungsi ternbang bebas otomatis, fungsi kendaraan antariksa yang bisa di buat bermanuver, serta fungsi modul stasiun antariksa. Kendaran ini ternyata tingginya 10 meter, bobot 1,375 kg saat peluncuran. Termasuk di dalamnya modul bertekanan udara 45 m3, yang di buat dengan meniru laboratorium columbus, serta menerapkan system docking dari Soyuz dan Progress milik Rusia. ATV di rancang untuk bisa docking otomatis , dan di rancang dengan ketelitian tinggi.

ATV (Automated Transfer Vehicle) merupakan kontribusi ESA untuk ISS. Kpeutusan untuk membuat 1995 untuk membayar kontribusinya terhadap pengoperasiaan ISS. Pembuatanya di mulai sejak 1998 oleh tim yang di pimpin Astrium Space Transportation dengan melibatkan lebih dari 30 perusahaan dari 10 negara Eropa.

Mengirim Pasokan



Pada misi ATV pertama, Jules Verne akan mengantarkan muatan seberat 4,6 ton muatan ke ISS. Termasuk 1150 kg muaatn kering, 856 kg bahan bakar untuk modul Zvesda milik Rusia, 270 kg air minum dan 21 kg oksigen. Pada misi-misi selanjutnya, kapasitas muatan bisa di tingkatkan hingga 7,4 ton.

kira-kira separuh dari muatan Jules Verne merupakan propellant, yang akan di gunakan untuk sistem propulsi untuk manuver berkala guna maningkatkan ketinggian ISS. Maklum akibat gesekan dengan atmosfer ISS menjadi usang sedikit demi sedikit.

Lima ATV

Empat bulan setelah docking, ATV akan meninggalkan ISS kembali ke bumi sambil membawa sampah dari ISS. Akan meninggalkan ISS dan terbakar di atmosfer dengan di kendalikan penuh.

Jules Verne merupakan ATV pertama yang di kirim ke ISS. Setelah Jules Verne, ESA telah membuat kontrak dengan industri untuk membuat 4 ATV lain hingga 2015. Nah, ATV milik ESA bersama progress milik Rusia ISS akan menjadi andalan untuk pengoperasian ISS setelah pesawat ISS ulang-alik AS berhenti beroperasi pada 2010. Pesaat milik Jepang HTV (H-II Transfer Vehicle) juga akan seger bergabung.

Bila semua berjalan dengan lancer, ATV bersama dengan laboratorium Columbus kana menjadi kebanggaan Eropa di ISS. Lab. Columbus menjadi 'rumah' para astronot Eropa di ISS, sementara ATV akan menjadi 'truk' antariksa Eropa pertama.

Peluncuran ATV Jules Verne merupakan langkah penting Eropa, buah kerja sama negara-negara angota edngan negara-negara lainnya.

Perjalanan Panjang ke ISS

ATV sudah menempuh perjalanan panjang dan bukannya tanpa penghambattan. Seserapa saat setelah di luncurkan, sistemm propulsi sempat mati, dan dengan kerja keras tim di bumi berhasil diperbaiki dan di aktifkan kembali.

ATV juga menjlani berbagai manuver, termasuk manuver meghindari tabrakan dan simulasi docking. Sejauh ini sistem keamanan dan pengendalian ATV berjalan dengan baik. Berbagai menuver juga di jalankan, termasuk manuver menghindari tabrakan yang di jalani pada 14 Maret. Saat itu ATV verjarak sekitar 10.000 mil dari ISS, dan pusat kendali memerintahkan untuk menghindari sebuah objek imajiner di satu titik di antariksa. Dan ternyata uji coba itu berhasil.


8 comments:

  1. Luar biasa memang perkembangan teknologi. Kapan Indonesia bisa yah.

    ReplyDelete
  2. Mantap ini baru yang nama nya technology

    ReplyDelete
  3. keren pembahasannya.

    saiya paling senang nyang beginian neh.

    makasih infonya bro :)

    ReplyDelete
  4. thanks coz visit my blog...
    can I know who are u>?
    are u indonesian people?

    ReplyDelete
  5. owh,how u get my blog?
    what I means there is how u found my blog?
    sorry I was comment there bcoz ur blog dun have chat box...
    however,nice to meet u n hopefully we can be a good frens here

    ReplyDelete
  6. lama ga maen. wah tampilan blognya makin keren aja neh. Oya! ada PR buat maz, silahkan check

    ReplyDelete
  7. Wa hebat.
    kira2 berapa duit nih??

    ReplyDelete