18 January 2009

old faithful, geyser paling terkenal.!

Ratusan geyser bertebaran di taman nasional Yellowstone Amerika Serikat. Tapi Geyser Old Faithful tetap menjadi yang paling terkenal dan banyak di kunjungi wisatawan. Mengapa demikian?, dan apa sebenarnya Geyser?.

Geyser merupakan mata air panas yang mnyembur secara berkala, mengeluarkan air panas dan uap air ke uadara. Nama geyser di ambil dari geysir dari Islandia. Di dunia ini tidak banyak geyser. Hanya ada 1000 geyser di bumi, dna kira – kira setengahnya ada di taman nasional Yellowstone, AS yang merupakan tempat wisata terkenal. Dari ratusan geyser di sana, geyser di Old Faithful merupakan yang paling menarik wisatwan. Padahal geyser ini bukan yang terbesar ataupun paling sering menyembur di kawasan ini.



Paling Istimewa

Heyser besar di sana adalah steamboat. Tetapi, semburannya tidak bisa di prediksi. Terkadang dalam setahun ia hanya mnyemburkan 2-3 kali saja, tetapi sekali menyembur benar-benar dahsyat. Ada geyser lain yang lebih sering menyembur, tapi kecil saja sehingga tidak menarik.
Nah, Old Faithful ini istimewa begitu menyembur, aliran uap air panas bercampur air panas mancur dengan deras seperti jet.



Semburanya yang berwarna putih terus meninggi, hingga mencapai ketingian maksimal, lalu menurun lagi. Dari mulai menyembur hingga mencapai ketingian maksimal membutuhkan waktu 10–20 detik. Semburan berlangsung selama 5 menit. Luar biasa!

Ribuan Lter Disemburkan
Dalam satu semburan, tidak kurang dari 14.000-32.000 air dan uap air panas di semburkan. Tingginya bisa mencapai puluhan meter, dan berlangsungnya hingga 5 menit. Dalam satu hari Old Faithful bisa menyembur sebanyak 21-23 kali, dengan selang waktu bervariasi antara 45 samapi 125 menit. Tercatat sudah lebih dari 137.000 semburan sejak geyser ini di amati.

Nah, karena semburannya besar dan sering, wisatawanpun tertarik untuk melihatnya. Asal mua bersabar sebentar mereka akan melihat semburan dahsyat yang mnegesankan itu. Wah, Old Faithful sering mnerbitkan decak kagum pengunjung. Rasanya belum datang ke taman nasional Yellowstone bila belum mnyaksikan semburan Old Fatihful.

Banyak Dipelajari



Nama Old Faithful di berikan dalam ekspedisi washburn tahun 1870. Nama yang sama di berikan pula kepada sebuah pengiapan di dekatnya. Para peneliti yang tergabung dalam ekspedisi ini terkesan dengan ukurannya dan sering meletup. Di antara geyser yang sering meletup dengan berkala inilah yang paling besar.
Maka selama bertahun-tahun geyser Old Faithful banyak di pelajari. Pengamatan dari dekat yang cermat membuat para petugas bisa mempekirakan letupan berikutnya dengan cukup jitu. Tidak mengherankan bila Old Fatihful menjadi geyser yang paling mudah dilihat di taman nasional Yellowstone.


9 comments:

  1. waahh geysernya keren ya,..kira kira geyser di Indonesia kalah nggak ya

    ReplyDelete
  2. hebat2.. kalu dpt tgk live mesti bes...

    ReplyDelete
  3. Wueh asik ya....
    jadi gtu ya...
    Ok tuh

    ReplyDelete
  4. keren bro gambarnya..
    di indo ada gak ya yang seperti itu..
    kalau di sidoarjo, bukan aer yang keluar, tapi gas dan lumpur panas..
    salam kenal ya..
    makasih juga atas kunjungannya..

    ReplyDelete
  5. Kalo bledug kuwu yang ada di purwodadi itu termasuk geyser gak?

    Nice post bro...keep it..

    ReplyDelete
  6. wah di indonesia nggak ada geyser yang kayak gitu ya? padahal kalo ada pasti keren, ya nggak? hehe...

    ReplyDelete
  7. Artikel'a keren abizz..

    ^^

    ReplyDelete
  8. Di indonesia ada geyser lapindo

    ReplyDelete