18 January 2009

proses terjadinya geyser.!

Bagaiman proses terjadinya geyser?. Kita tahu di bawah kulit bumi ada lapisan yang berupa lelehan batuan dan lumpur panas yang di sebut magma. Semakin jauh kedalam perut bumi, semakin panas suhunya. Di kedalaman 1 kilometer, suhu batu-batuan dan lumpur bisa mencapai 57-600”C. di kedalaman 2 kilometer suhunya bisa lebih dari 1200”C.

Terkadang pada kulit bumi ada kantung air yang dekat dengan magma panas. Air tidak mneguap karena tidak bersinggunagn dengan udara. Bila ada celah atau retakan yang bisa dilalui, air panas tadi akan keluar ke permukaan bumi dan menjadi mata air panas.
Kadang-kadang air panas alami tersebut keluar sebagai geyser.



Uap air panas yang di hasilkan dari air panas yang naik, akan menembus celah atau retakan, dan mendorong air keluar ke permukaan. Pelepasan air di permukaan menyebabkan turunnya tekanan air panas di kedalaman, sehingga air yang sangat panas mneguap dan volumenya mnegembang hingga 1500 kali lipat! Uap itu pada gilirannya mendorong air di permukaan sehingga terjadilah semburan. Semburan akan terus berlangsung sampai air dan uap pada celah itu habis. Kemudian air bawah tanah sedikit demi sedikit terkumpul lagi, dan proses yang sam terulang kembali. Oh ya, aktivitas semburan geyser dapat berhenti karena pengendapan mineral di dalam geyser, gempa bumi, dan campur tangan manusia.


1 comment: