28 September 2008

"Grand Canyon". Ngarai Penuh Sejarah

Terbentuk Milyaran Tahun
Banyak ahli yang membuat teori pembuatan grand canyon. Salah satu teori yang banyak di yakini begini: ketika lempeng pasifik dan lempeng Amerika Utara bertumbukan maka muncullah rangkaiaan pegunungan. Terbentuklah lembah yang dalam. Saat terjadi perubahan iklim extrim sekitar 1.7 miliar athun yang lalu, air laut naik ke permukaan bumi, semuanya tenggelam termasuk pegunungan purba itu. Kehidupan di atas gunung itu pun berubah. Bagian atas pegunungan di tutupi pasir laut dan secaa otomatis hewan - hewan laut pun hidup di atas pasir yang menutupi pegunungan itu. Namun saat air laut surut, pegunungan pun muncul lagi ke permukaan. Hewan laut dan endapan pasir masih tetap tertinggal di atasnya. Lama lama hewan - hewan laut seperti brachiopoda, koral, moluska, lili laut, atau cacing laut menjadi fosil di lapisan teratas Grand Canyon. Di atas pegunungan itu pun banyak di temukan batuan endapan (sedimen) yang hanya bisa terbentuk di dasar laut atau perairan dangkal.

Diukir Sungai Colorado
Bagaimana ngarai ngarai indah grand canyon di pahat?, aktivitas lempeng bumi pada saat perubahan iklim extrim itu juga mangakibatkan terangkatnya dataran tinggi colorado setinggi 3 mill dari permukaan laut. Sungai Colorado selama jutaan tahun mengukir dataran tinggi Colorado hingga sangat dalam, sepanjang 446 km dikawasan grand canyon. Dalam pejalanan menuju samudera, sungai ini mengikis dinding-dinding tebing grand canyon. Hasil kikisannya luar biasa. Sekitar setengah juta ton dialirkan sungai colorado ke samudera pasifik setiap harinya!dahsyat! Hasil penelitian terbaru menyatakan bebatuan paling tua di dasar grand canyon berumur hampir 2 miliar tahun sedangkan ngarai itu terbentuk dari erosi yang di perkirakan terjadi pada 5 juta atau 6 juta tahun yang lalu! jadi, menurut ahli geologi meski pun bebatuan dindiing grand canyon berumur sangat tua, namun ngarai grand canyon itu secara geologi tergolong berumur masih muda.

Taman Nasional Pertama Amerika Serikat
Grand canyon terletak di utara arizona dan berada di taman nasional grand canyon, salah satu taman nasional pertama di amerika serikat . di sana terdapat kelompok jurang tebing-terjal, panjangnya kira kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 km sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1600 m. orang kulit putih yang pertam melihat adalah Garcia Lupez de C.rdenas dari spanyol pada 1540. sedangkan expedisi ilmiah pertama kesana pada akhir 1870-an dipimpin mayor AS john wesley powell. sebenarnya wilayah ini telah ditinggali oleh penduduk asli Amerika (Indian) yang membangun tempat tinggal di dinding ngarai jauh sebelum Garcia Lupez melihatnya.
Melihat Grand Canyon dari Skywalk!
banyak sekali berita wisatawan yang mengunjung grand canyon. bayangkan saja setiap tahunnya jumlahnya di atas 5 juta orang. di grand canyon banyak sekali titik titik yang menarik untuk di amati. bayangkan luas taman nasionalnya saja 493.077 hektar. kini telah di bangun skywalk sebuah jembatan melingkar yang membentuk huruf U. Letaknya di Hualapai indian reservation, sekitar 250 mil dari pintu masuk grand canyon national park, grand canyon west, arizona. spektakuler! lihat saja fotonya ! inilah jembatan terbuka yang kontruksinya terbuat dari kaca tembus pandang setebal 10 cm. berat mencapai 500 ton dan di topang beis baja tebal penahan guncangan. jembatan itu tampak menggantung, di tanam tepat di salah satu bibit tebing grand canyon. kamu akan merasa seakan berjalan di atas langit sepanjang 21 meter. di bawahnya ada jurang sedalam 1.2 km! kalau kalian pernah naik ke atas tugu monas 137 meter, itu belum apa-apa. pemandangannya sungguh menkjubkan. kalian bisa melihat liuk liuk sungan Colorado. terlihat jurang grand canyon yang warna warni itu sejauh amta memandang. agar jembatan kaca itu tetap bersih, untuk pengunjung di sediakan sepatu khusus berbahan kain halus agar tetap bersih.


sumber : majalah orbit.

4 comments: