28 September 2008

Ngarai Sihounok / Sianok, Ngarai Tekenal di Indonesia


Di indonesia pun terdapat Ngarai tersohor yaitu Ngarai Sianok di Bukit Tinggi Sumatra Barat. Ngarai itu menyatu dengan tempat wisata lain yaitu lobang Jepang. Ngarai ini adalah lembah curam atau jurang yang merupakan bagian dari patahan Semangko yang memisahkan Pulau Sumatra menjadi dua bagian memanjang.

Patahan ini membentuk dinding curam, membentuk lembah hijau yang di aliri sungaio sianok yang beralir jernih. Lembah membentang memanjang dan berkelok dari selatan ngarai kota Gadang sampai di ngarai Sianok enam suku., berakhir sampai palupuh. Panjangnya 15 km dengan lebar sekitar 200 meter dengan kedalaman 100 meter.

Di zaman Belanda banyak kerbau liar hidup di dasar ngarai. jadi daerah itu sering di sebut kerbauen gaat. Pada masa penjajahan Jepang ngarai itu menjadi tempat pembuangan romusha yang mati, di buang melalui ujung lubang persembunyian. di sana terdapat fauna antara lain monyet ekor panjang, siamang simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, serta tapir.

Di sana tumbuh juga tumbuhan langks seperti rafflesia. o ya, gempa berkekuatan 5.8 skala ricther di sumatra barat pada 6 Maret 2007 lalu telah melongsorkan 2/3 ngarai,

2 comments: