25 September 2008

"RAYAP", Makhluk Mungil Yang Luar Biasa

Serangga Bersayap Sama

ingat teman teman rayap termasuk serangga. ciri serangga antara lain tubuhna terbagi menjadi tiga bagian yakni kepala, dada (thorax), dan perut (abdomen). serangga memiliki 6 kaki yang terletak pada bagian thorax. pada kepala memiliki antena yang merupakan alat sensor. kebanyakan serangga memiliki sayap, sebagian lainnya tidak memiliki. rayap termasuk hewan bersayap empat. para ahl menggolongkan rayap ke dalam ordo isoptera dengan berdasarkan bnetuk sayapnya. namun isoptera berasal dari bahasa Yunani iso yang berarti sama, dan ptera yang berarti sayap. jadi isoptera merujuk ke epada empat sayap yang sama dan serupa dalam hal bentuk, ukuran, dan polanya.

Dekat dengan Kecoa
rayap seringkali di kira sebangsa semut, bahkan sering di juluki si semut putih. padahal semut dan rayap cukup jauh kekerabatanya. rayap malah lebih dekat dengan kecoa daripada semut. ilmuan menyimpulkan demikian karena adanya kemiripan perilaku dan ekologis keduanya. rayap dan kecoa mendiami habitat yang sama, jenis makanan yang sama, bersimbiosis dengan organisme lain, dan mengasuh keturunan mereka. kecoa di hutan banyak di temukan di pohon mati yang membusuk, memakan serat kayu yang kemudia \n di cerna oleh mikroorganism pada saluran mereka. begitu pula rayap.

Hidup Dalam Koloni
rayap merupakan serangga yang hidup bermasyarakat. sebagai makhluk sosial, rayap selalu hidup dalam koloni. rayap tidak bisa hidup sendiri, karena dalam koloni ada bahan-bahan dan proses-proses untuk kelangsungan hidupnya. dalam sebuah kolni rayap memilik tugas masing-masing. di sana ada ratu, raja, rayap pekerja, rayap prajurit.lebih jauh tentang kasta rayap akan di bahas nanti.

Pemakan Kayu
rayap adalah serangga pemakan kayu,karena di dalam kayu mengandung selulosa yang merupakan energi terbesar untuk kelangsungan hidupnya. bagian mulut rayap pekerja memang cukup keras untuk bisa memakan kayu, namun setelah di selidiki rayap tidak dapat mencernaan selulosa itu sendiri, namun bergantung pada hewan ber sel satu (protozoa) yang hidup di dalam saluran pencernaan mereka. protozoa ini selalu mencernakan selulosa, apabila tidak ada protozoa maka rayap bisa mati kelaparan.
Merugikan dan Menguntungkan
sebagai pemakan kayu rayap tidak mau tahu kayu apa yang di makan ada di hutan atau di rumah. sebenarnya dari sekitar 2.300 spesies rayap di dunia, kurang dari 5% yang menjadi hama perusak. di indonesia ada 200-an spesies rayap, 20 diantaranya menjadi hama. rayap hama itu menyerang bangunan, tanaman pertanian, dan pepohonan. dalam sisi lain rayap memiliki sisi positif dalam ekosistem. rayap berguna dalam pembusukan pohon mati di hutan . melimpahnya jumlah rayap menjadi sumber makanan bagi banyak hewan lain. bahkan di penjuru bumi rayap menjadi sumber protein bagi manusia.

11 comments:

  1. ANTI RAYAP , HILANGKAN RAYAP , SOLUSI RAYAP , AHLI RAYAP

    Perusahaan kami berdiri sejak Tahun 2006

    Bidang Pekerjaan:
    MAJ pest management

    Pengendalian Rayap / Pengendalian Hama termite

    Harga: Rp. 25.000, - / m2
    Riefky
    Hub. 0812 80 2324 83

    Perusahaan kami menggunakan Metode SNI ( Standart Nasional Indonesia) dalam membasi RAYAP

    - Pengeboran dan Penyuntikan Lantai
    Pengeboran lantai dilakukan pada seluruh lantai dengan jarak 100 cm kedalaman 30 cm dan lebar 8mm untuk lantai yang berhubungan dengan dinding, Jarak Pengeboran antara 40cm – 60cm kedalaman 30 cm dan lebar 8mm. Kemudian dilakukan penyuntikan larutan chemical pada lantai yang telah dibor . Setelah itu dilakukan penambalan/ penutupan lubang pada lantai atau dinding dengan menggunakan semen.

    - Spraying
    Spraying dilakukan pada area-area yang terinfestasi rayap serta pada retakkan-retakkan pada dinding maupun pada kuda – kuda ranka atap Bangunan atau area yang memiliki unsur kayu lainnya.

    - Chemical
    Chemical yang digunakan adalah Termikiller Premium standar WHO , yang memiliki efek domino yang efektif membasmi rayap hingga sampai ratu rayap, selain itu juga berfungsi sebagai penghalang ( barrier) dan racun kontak.

    - Metode MIB ( Metabolic Inhibitor Bait)
    Pemasangan outdoor bait ( umpan) untuk area luar disekitar Bangunan, yang juga berfungsi sebagai monitoring keadaan / kondisi populasi rayap.
    Selain itu juga kami akan melakukan Quality Control monitoring ( pengecekan) pada tahun pertama akan dilakukan setiap 6 bulan sekali.

    Untuk informasi lebih selengkapnya Silahkan Menghubungi Kami.

    Kami siap melakukan Survei/Kunjungan Kapan Saja!

    Terimakasih.

    http://jasa.tokobagus.com/kebutuhan-rumah-tangga/kebersihan-pengendalian-hama/anti-rayap-ahli-rayap-pengendali-rayap-1232598.html

    ReplyDelete
  2. Anti Rayap kerennn banget tulisannya

    Makasih atas sharingnya

    http://www.rajarayap.com/

    ReplyDelete
  3. mantap jasanya! bagus juga nih!


    Promo merdeka (diskon s/d 90%)

    https://shopee.co.id/Promo+Merdeka+Diskon+Hingga+90%25-col.24443?smtt=201.3472

    ReplyDelete
  4. YANG KEWALAHAN DALAMMEMBASMI RAYAP DI RUMAHBISA MENGHUBUNGI KAMI! MURAH DAN BERGARANSI ! https://rayaptuntas.com/jasa-rayap-murah/

    ReplyDelete