02 October 2008

Dari Kelinci Hingga Kambing dan Unta!

Kelinci
Kelinci yang imut - imut ternyata memiliki daya jual yang cukup tinggi. Di beberapa tempat di Indonesia, kini muali marak peternakan kelinci. Pasalnya, berternak kelinci lumayan menguntungkan! Ternak kelinci bisa dimanfaatkan dagingnya serta kulitnya. Kota Lembang Jawa Barat, Yogyakarta, dan Malang, menjadi sentra perternakan kelinci di pulau Jawa. Saat ini kelinci yang banyak di ternak adalah jenis rex. Selain termasuk kelinci hias, kulitnya juga sangat banyak di minati oelh produsen tas., dompet, jaket, dan sabuk. Sementara dagingnya bisa di olah menjadi berbagai jenis makanan terutama sate kelinci.

Kambing
Kambing menjadi sangat penting bagi manusia sejak di jinakkan 80000 tahun yang lalu. Kambing bisa di pelihara pada lahan yang tidak begitu subur bagi petani, dan bisa di ambil daging, susu, dan juga bulunya. Di Indonesia kambing masih banyak di ternakan secara traditional. Sekitar 90% perternakan kambing di Indonesia masih tergolong ternak traditional. Hanya 10% sisanya peternak kambing komersil. Ternak kambing memang relatif mudah dan murah. Cukup membuatkan kandang dan memneri makan rumput, atau mengembalakannya di ladang. Di Jawa Timur misalnya, banyak petani memiliki kambing. Seornag petani sedikitnya memiliki 2-3 ekor. Bai mereka kambing merupakan harta benda sekaligus tabungan. Di saat mereka membutuhkan uang, maka mereka menjualnya. Permintaan akan kambing meningkat saat Idul Adha.

Domba
Domba bisa jadi merupakan spesies hewan ternak yang plaing luas tersebar di dunia. Selain daging domba merupakan hewan penghasil wol yang paling bagus. Australia adalah negara yang memiliki peternakan domba cukup banyak. Bayangkan, setiap tahun, sekitar 700 hingga 1000 juta kg woll di hasilkan dari negara Kangguru itu. Dan tiap tahun 220.800 ton daging domba di ekspor ke luar negeri., lalu 350.000 ton di konsumsi oleh massyarakat Australia sendiri.
Sementara tanah air kita, pusat ternak domba adalah provinsi Jawa Barat. Kota Ciamis, Tasik Malaya, Cirebon, adalha kota - kota yang memiliki sentra peternakan domba. Saat ini domba yang banyak di kembangkan adalah jenis domba peranakan Etawah. Sampai tahun 2006 lalu, jumlah domba dan kambing ternak di Jawa Barat mencapai 3.5 juta ekor.
Kuda
Kuda yang di jinakan manusia berasal dari keturunan kuda - kuda liar. Kuda di jadikan sebagai hewan tunggangan, penarik beban, bahkan di ambil juga daging dan susunya. Di Indonesia, daerah yang terkenal dengan peternakan kuda antara lain pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat dan labupaten Sumba di Nusa Tenggara Timur. Susu kuda pun menjadi komoditas yang banyak permintaannya. Konon (Allah hu Allam) khasiatnya seperti obt yang mampu menyembuhkan kanker, leukemia, paru-paru basah, dll. Uniknya, ada masyarakat di NTT dan NTB yang berternak kuda di alam bebas. Kuda -kuda di biarkan di alam yang luas tanpa harus di beri makan atau di mandikan.
Unta.
Unta ada yang berpunuk dua, ada pula ynag berpunuk satu. Nah, unta yang banyak di ternakkan banyak di ternakan di dunia adalah unta berpunuk satu yang di sebut juga unta arab. Peternakan unta banyak terdapat di negara - negara yang memiliki gurun seperti Timur Tengah. Misalnya saj di negara Arab Saudi. Unta di jadikan hewan tunggangan, penarikk beban, juga di ambil dagingnya, kulit, dan susunya. Susu unta banyak peminatnya, lho. Apalagi di bulan Ramadhan, permintaan susu unta berlipat ganda. Maklum massyarakat Arab punya tradisi minum susu unta untuk berbuka puasa. Menurut organisasi pertanian dan pangan (FAO) PBB, susu unta memiliki kandungan vitamin C tiga kali lebih tinggi dari susu sapi. Selain itu susu unta kaya akan zat besi dan vitamin B.


4 comments:

  1. wah sayang binatang juga?? wa juga punya marmut 4 ekor dan sekarang udah hamil lagi he..he..nunggu netas nya kapan ajch..he..he...

    Ayoo semangat terus ngeblognya...

    MARI BERGABUNG DI BLOGINDONESIA sahabat para blogger

    ReplyDelete
  2. bagus sih informasinya tapi sayang yang di munculkan cuma beberapa saja gimana kalau ditambah lagi untuk hewan-hewan yang lain kan bisa buat pengetahuan untuk masyarakat

    ReplyDelete
  3. Lumayan juga blognya.
    Sekedar info domba yang banyak di kembangkan di Indonesia adalah jenis domba Garut, domba ekor gemuk dan domba jawa.
    Adapun domba peranakan ettawa ini bukan jenis domba tetapi jenis kambing yang biasa di singkat kambing PE ( peranakan ettawa ).
    Demikian sekedar info dan salam kenal

    ReplyDelete