31 October 2008

LA PRINCESSE, Laba-Laba Raksasa!

Seekor laba – laba raksasa menyerbu kota Liverpool, Inggris. Beribu – ribu orang datang, menyaksikan, tidak mempedulikan dingin nya salju yang turun deras.

Ini adalah bagian dari teater jalanan La Machine, yang di ciptakan oleh Francois Delaroziere. Laba – laba raksasa ini memang jadi pertunjukan spektakuler di Liverpool, sebagai puncak acara tahunan European Capital of Culture.

Bayangkan sebuah benda dari baja dan kayu poplar, yang beratnya 20 ton, tinggi 15 meter, panjang 20 meter. Dapat bergerak dengan lincah, bahkan dapat merayap di dinding seperti spiderman. Luar biasa bukan?, kecuali mesin pengeraknya, yang lebih menarik perhatian adalah 12 orang manusia yang terikat pada kaki – kaki dan mengerakanya. Biaya pembuatan sampai 250,000 poundsterling.

Beribu – ribu orang menanti dengan sabar untuk melihat laba- laba ini bergerak. Mereka berteriak takjub ketika serangga setinggi 15 meter ini di mulai menggerakan kaki nya, dan berjalan! Dan kemudian merayap dinding gedung bertingkat. Menjadi lebih indah lagi karena diiringi komposisi musik oleh Dominique Malan. Berbondong–bonding orang datang untuk menyaksikan dan mengikuti kemanapun La Princesse, julukan laba-laba raksasa ini bergerak di sarangnya, concourse tower, orang–oramg yang takjub ini masih terus mengelilinginya. Masih penasaaran!

2 comments: