31 October 2008

Progress Pesawat Kargo Andalan ISS!

Pesawat progress merupakan pesawat pesawat pemsok kebutuhan ke ISS yang sangat di andalkan. Sudah puluhan pesawat progress di buat dan diluncurkan ke stasiun antariksa. Tetapi, sebelumnya pesawat progress di buat dan di luncurkan ke stasiun antariksa Mir milik Rusia.

Progress di rancang oleh sebuah badan di Rusia yang namanya TsKBEM (sekarang RKK energia). Perancang di mulai pada pertengahan 1973, dan selesai pada Februari 1974. Unit pertama selesai di produksi November 1977.
Progress 1 di luncurkan 20 januari 1978 dengan r
oket yang sama untuk meluncurkan soyuz.


Mencontoh Soyuz



Pesawat progress
sekilas mirip dengan soyuz. Saat peluncuran progress pun di selubungi dengan selubung yang sama seperti soyuz. Memang progress di buat dengan mencontoh soyuz. Bedanya, soyuz merupakan pesawat berawak sehingga kapasitas angkutan sangat sedikit. Karena selain memuat awak, ruangan pesawat juga di lengkapi berbagai sitem penopang kehidupan yang makan tempat.

Progress tidak di lengkapi sistem itu, hanya satu modul saja yang bertekanan udara agar awak ISS dapat masuk ke dalamnya begitu merapat.
Progress di buat daam dua versi utama, yakni progress M dan progress M1. Di dalam kedua versi itu sendiri ada berbagai variasi yang tidak mencolok.

Andalan ISS

Program penerbangan pesawat ulang-alik sempat di bekukan sementara menyusul kecelakaan Coluombia. Saat itu soyuz menjadi satu satunya pesawat yang mengangkat awak ke ISS dan ke Bumi.

Sedangkan progress menjadi satu-satunya pesawat pengangkut pasokan, sampai pesawat ulang-alik di lanjutkan kembali. Sekarang sudah pesawat kargo lain yakni ATVJules Verne milik badan Antariksa Eropa. Pesawat progress diluncurkan dari kosmodrom baikonor di kazakhtan di atas roket soyuz.

Sekali Pakai Saja

Tahukah kalian, sejak pertama di luncurkan pada tahun 1978, sudah puluhan unit pesawat Progress yang di luncurkan ke Antariksa. Sebagian di luncurkan ke stasiun Antariksa Mir milik Rusia sampai berakhirnya. Kemudian progress
menjadi pesaat pemasok yang hamdal ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Mengapa sampai ada puluhan unit pesawat ini?. Karena pesawat ini sekali pakai saja. Singkatnya, pesawat dengan muatan yang akan di kirimpun di luncurkan. Lalu merapat hingga 6 bulan di ISS. Nah, ruang muatan sedikit demi sedikit di isi oleh sampah dan kotoran serta benda yang tidak terpakai lagi. Sementara itu, pusat misi di bumi menyiapkan pesawat progress baru dengan membawa pasokan baru.

Biasanya sehari sebelum progress di bumi di luncurkan, progress yang ada di ISS pun di lepaskan. Pesawat kemudian memasuki orbit bumi dan hancur terbakar di atas samudera pasifik bersama sampah ISS yang di bawanya. Tamat dech riwayatnya.



4 comments:

  1. Wah berapa besar biayanya buat bikin tuh pesawat. Tapi jangan salah, Indonesia juga punya peran lho dalam pepbuatan pesawat ulang alik Amerika. Untuk melapisi badan pesawat agar tidak terbakar ketika bergesekan dengan atmosfer dan melawan tekanan yang tinggi, di perlukan minyak jarak. Nah, Amerika mendapatkan minyak jarak dari Indonesia. Salam.

    ReplyDelete
  2. selamat malam.
    salam persahabatan ya sahabat

    wah postingannya keren sahabat................tambah pengetahuan lagi dech blue
    salam hangat selalu

    ReplyDelete