02 October 2008

Peternakan, tak Terpisahkan dari Kehidupan Kita!

Peternakan adalah tempat di mana para petani dan peternak memelihara hewan peternak. Hewan - hewan ternak di urus, di penuhi kebutuhannya, di ambil hasilnya. Pada umunya orang berternak untuk di ambil dagingnya dan hasil lainya, tapi bisa juga untuk tujuan berbeda. Para peternak itu bisa saja berternak dalam skala kecil, untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau di jual. Tetapi ada juga peternak - peternak besar yang emnjadikan industri, dan jelas ingin mendapatkan keuntungan berlipat dari usaha ternak.

Dari Berburu ke Berternak.
Lalu sejak kapan manusia mulai berternak?, waktu yang pasti sih tidak di ketahui secara persis. Hanya saja para ilmuwan menduga, hewan yang pertama kali di jinakan manusia adalah srigala (baca artike "Srigala" Tidak Sejahat yang di Kira). Srigala di ternak untuk di jadikan pelacak dan pemangsa hewan buruan. Sementara kuda di perkirakan sudah sejak tahun 4000 SM telah di jinakkan. Di jadikan kuda tunggangan dan penghela kereta.
Sedangkan hewan yang pertama kali di ternakan manusia unutk sumber makanan adalah kambing. Kambing dan Domba di perkirakan mulai di jinakkan sekitar tahun 8000 SM di Asia. Babi mulai di jinakkan sekitar 7000 SM di China atau Timur Tengah.

Erat dengan Pertanian.
Para manusia purba dahulunya nomademen, berpindah - pindah mengikuti arah perubahan atau perpindahan kawanan hewan buruan mereka. Lama - lama mereka menyadari bahwa hidaupp akan jauh lebih mudah kalau menetap, kalau mereka menanam benih makanan, dan memelihara hewan untuk di jadikan makanan.
Binatang - binatang liar mulai di jinakkan oleh manusia dan perkembangbiakan pun di kuasai manusia. Lama kelamaan sifat - difat hewan piaraan itu berubah drastis dari sifat cikal bakalnya. Baik dari segi fisik, perilaku, dan lain-lainya. Makanya hewan -hewan ternak sekarang ini tidak akan cocok lagi untuk hidup di alam liar. Dari dulunya kegiatan peternakan memanng tidak terpisahkan dari kegiatan pertanian. Manusia pun belajar memanfaatkan kotoran hewan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman. Menggunakan kerbau untuk menghela bajak di sawah.
Penduduk dunia yang hidup nomademen juga memelihara ternak. Beribu - ribu sapi di ternakan di kawasan terbuka di berbagai padang rumput dan stepa di banyak kawasan stepa dunia. Lalu upaya berternak di lakukan dengan mengurung hewan di padang rumput atau di kandang. Jenis makanan bisa makanan alami seperti rumput, bisa juga makanan buatan.

Sumber Protein Hewani.
Manusia berternak terutama untuk menjadikan hewan ternak sebagai sumber makanan. Peternakan menyediakan daging segar yang menjadi sumber protein hewani serata energi manusia. Protein hewani bukan di dapatkan dari daging saja, tetapi juga dari produk lainya seperti telur dan susu. Telur di dapatkan dari peternakan unggas seperti ayam, bebek, dan puyuh, sementara susu di dapatkan dari hewan - hewan ternak mamalia sperti sapi (yang paling banyak), kambing, kuda, dan unta. Dari susu pun bisa di dapatkan produk olahan susu seperti susu, mentega, keju, es krim dan lain-lain.
Pakaian dan Kebutuhan Lain.
Hewan ternak juga di amnfaatkan untuk serat/pakaian. Contohnya domba menghasilkan wol, sapi, rusa, dan kambing bisa di ambil kulitnya. Nah, dari kulit sapi bisa di hasilkan jaket kulit, tas, sepatu, dan banayk lagi. Dahulu kulit hewan juga dijadikan pula sebagai tenda dan pakaian. Jadi hewan ternak bisa di manfaatkan untuk makanan, pakaian, dan tempat tinggal.!
Ada juga hewan ternak yang di manfaatkan tenaganya atau hewan pekerja. Contoh, hewan pengangkut bahan seperti, kedelai, kuda, hingga unta. Tahukah kalian, sebelum manusia menemukan mesin untuk mempermudah kehidupan mereka, hanya hewan lah tenaga selain manusia yang bisa di gunakan manusia untuk membantu mereka. Hingga saat ini hewan pekerja masih banyak kita lihat di berbagai tempat di seluruh dunia. Hasil sampingan dari hewan ternak banyak sekali lho. Sudah kita sebut bahwa kotoran hewan ternak bisa di manfaatkan untuk pupuk. Lemak - lemak ternak seperti sapi bida di gunakan untuk bahan industri kosmetik, crayon, lilin, sabun, dan detergent, pelumas, dan lain-lain.

2 comments:

  1. betul memang hewan-hewan ternak tak terpisahkan di kehidupan kita karena tubuh manusia juga membutuhkan daging, telor, susu dan bagi yang ingin mendapat penghasilan ya di budidayakan untuk peternakannya

    ReplyDelete